DASAR
–DASAR MARKERTING
Marketing adalah
suatu system bisnis yang sangat penting, untuk mengkonsep sebuah produk yang bertujuan
untuk, menentukan sebuah harga produk yang bernilai bagus agar terjalin
hubungan (relasi) antara produsen dan konsumen,
Peranan marketing sangat penting, bukan hanya untuk
menjual dan mempromosikan suatu produk untuk konsumen, tetapi juga untuk
penghubung antara perusahaan atau distributor produk terhadap masyarakat yang sebagai
pengguna produk, perusahaan selalu memperhatikan konsumen agar profit atau
keuntungan perusahaan tercapai.
Konsep
Marketing
Nilai – nilai yang harus diperhatikan dalam sebuah
marketing
1. Harus
bisa melihat kebutuhan, keinginan dan
permintaan setiap konsumen, karena ketika seseorang tidak bisa memenuhi
kepuasan dirinya maka orang tersebut akan mencari objek lain untuk kepuasaannya
atau mengurangi keinginannya. Maka dari itu marketing harus pintar dalam
mencari sesuatu yang dibutuhkan oleh seorang konsumen, agar konsumen bisa
merasa puas.
2. Perusahaan
harus memberikan sebuah produk dan pelayanan yang baik terhadap konsumen.
Konsumen membutuhkan sebuah bukti fisik supaya mereka dapat merealisasikan keinginannya.
3. Nilai, kepuasan dan sebuah kualitas perlu diperhatikan, karena jika kualitas sebuah
produk itu baik dan bagus maka tanggapan konsumen pun akan baik dan mereka akan
merasa puas.
4. Transaksi, dan relasi
atau hubungan antara perusahaan dan konsumen
Dasar-Dasar
Marketing
1. Procuct
2. Price
3. Place
4. Promotion
1.
Product
Product adalah barang atau jasa yang
akan dipasarkan kepada konsumen oleh perusahaan. Produk yang dihasilkan harus sebuah barang yang baru atau inovasi
yang diciptakan pada barang tersebut, dan harus melihat celah yang ada diantara
para pesaing yang ada, agar produk yang kita miliki banyak yang membelinya.
2.
Price
Price (harga) adalah Sesuatu nilai yang
ditetapkan pada sebuah barang atau jasa yang akan akan dipasarkan. Dalam
menentukan harga kita jangan gegabah, kita harus menyesuaikan pasar yang akan
kita pasarkan produk kita.
3.
Place
Place adalah tempat dimana kita untuk
menjual atau memproduksi barang atau jasa yang akan kita tawarkan kepada para
konsumen, dalam menentukan place (tempat) untuk melakukan pemasaran harus
memilih tempat yang strategis, agar pengunjung & konsumen banyak yang datang.
4.
Promotion
Promotion adalah hal yang harus kita
lakukan, yaitu memberitahukan produk kita kepada hal layak, karena dengan
melakukan promosi akan makin banyak orang atau konsumen yang tau tentang produk
kita. Dalam melakukann promosi kita harus pandai dalam menggunakan media yang
ada disekitar kita
Contoh
:
·
Nike
Nike adalah salah satu
brand yang terbaik dan terbesar, nike juga pandai dalam membaca situsasi pasar
apa yang sedang dibutuhkan. Ketika
kemunculan Nike telah mengubah wajah dunia olahraga selamanya. Nike selalu
gencar dalam melakukan promosi dan sangat memanfaatkan semua media untuk
melakukan promosi. Agar tertanam kuat didalam benak konsumen
Kesimpulan
·
bahwa dasar-dasar marketing harus memiliki
product (produk), price (harga), place (tempat), promotion (promosi) dan
relationship. Dalam sebuah proses ini harus saling berkesinambungan dari
masing-masing dasar-dasar marketing tersebut supaya yang diinginkan perusahaan
tercapai.
·
Marketing harus pintar dalam membaca kondisi pasar
atau yang diinginkan konsumen dan harus bisa memaksimalkan media-media yang
berada disekitar kita, agar konsumen terhipnotis dan terbawa untuk menggunakan
produk tersebut.
·
Marketing harus membuat nyaman konsumen agar
terjalin hubungan dan mendapatkan timbale balik, yang memuaskan bagi kedua
belah pihak.
Artikel diatas semoga bermanfaat :D
Refrensi :
Philip kotler, Gary Amstrong ,John Saunders, &
Veronica Wong. Principles of Marketing
#PoliteknikNegeriJakarta/TeknikGrafika&Penerbitan/TeknikPemasaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar