Rabu, 04 September 2013

Dasar - Dasar Marketing


DASAR –DASAR MARKERTING
            Marketing adalah suatu system bisnis yang sangat penting, untuk mengkonsep sebuah produk yang bertujuan untuk, menentukan sebuah harga produk yang bernilai bagus agar terjalin hubungan (relasi) antara produsen dan konsumen,
            Peranan marketing sangat penting, bukan hanya untuk menjual dan mempromosikan suatu produk untuk konsumen, tetapi juga untuk penghubung antara perusahaan atau distributor produk terhadap masyarakat yang sebagai pengguna produk, perusahaan selalu memperhatikan konsumen agar profit atau keuntungan perusahaan tercapai.
Konsep Marketing

Nilai – nilai yang harus diperhatikan dalam sebuah marketing
1.    Harus bisa melihat kebutuhan, keinginan dan permintaan setiap konsumen, karena ketika seseorang tidak bisa memenuhi kepuasan dirinya maka orang tersebut akan mencari objek lain untuk kepuasaannya atau mengurangi keinginannya. Maka dari itu marketing harus pintar dalam mencari sesuatu yang dibutuhkan oleh seorang konsumen, agar konsumen bisa merasa puas.

2.    Perusahaan harus memberikan sebuah produk dan pelayanan yang baik terhadap konsumen. Konsumen membutuhkan sebuah bukti fisik supaya mereka dapat merealisasikan keinginannya.

3.    Nilai, kepuasan dan sebuah kualitas perlu diperhatikan, karena jika kualitas sebuah produk itu baik dan bagus maka tanggapan konsumen pun akan baik dan mereka akan merasa puas.

4.    Transaksi,  dan relasi atau hubungan antara perusahaan dan konsumen

Dasar-Dasar Marketing
1.    Procuct
2.    Price
3.    Place
4.    Promotion

1.    Product
Product adalah barang atau jasa yang akan dipasarkan kepada konsumen oleh perusahaan. Produk yang dihasilkan  harus sebuah barang yang baru atau inovasi yang diciptakan pada barang tersebut, dan harus melihat celah yang ada diantara para pesaing yang ada, agar produk yang kita miliki banyak yang membelinya.

2.    Price
Price (harga) adalah Sesuatu nilai yang ditetapkan pada sebuah barang atau jasa yang akan akan dipasarkan. Dalam menentukan harga kita jangan gegabah, kita harus menyesuaikan pasar yang akan kita pasarkan produk kita.

3.    Place
Place adalah tempat dimana kita untuk menjual atau memproduksi barang atau jasa yang akan kita tawarkan kepada para konsumen, dalam menentukan place (tempat) untuk melakukan pemasaran harus memilih tempat yang strategis, agar pengunjung & konsumen  banyak yang datang.

4.    Promotion
Promotion adalah hal yang harus kita lakukan, yaitu memberitahukan produk kita kepada hal layak, karena dengan melakukan promosi akan makin banyak orang atau konsumen yang tau tentang produk kita. Dalam melakukann promosi kita harus pandai dalam menggunakan media yang ada disekitar kita
Contoh :
·         Nike
Nike adalah salah satu brand yang terbaik dan terbesar, nike juga pandai dalam membaca situsasi pasar apa yang sedang dibutuhkan. Ketika kemunculan Nike telah mengubah wajah dunia olahraga selamanya. Nike selalu gencar dalam melakukan promosi dan sangat memanfaatkan semua media untuk melakukan promosi. Agar tertanam kuat didalam benak konsumen

Kesimpulan
·         bahwa dasar-dasar marketing harus memiliki product (produk), price (harga), place (tempat), promotion (promosi) dan relationship. Dalam sebuah proses ini harus saling berkesinambungan dari masing-masing dasar-dasar marketing tersebut supaya yang diinginkan perusahaan tercapai.
·         Marketing harus pintar dalam membaca kondisi pasar atau yang diinginkan konsumen dan harus bisa memaksimalkan media-media yang berada disekitar kita, agar konsumen terhipnotis dan terbawa untuk menggunakan produk tersebut.
·         Marketing harus membuat nyaman konsumen agar terjalin hubungan dan mendapatkan timbale balik, yang memuaskan bagi kedua belah pihak.
Artikel diatas semoga bermanfaat :D


Refrensi :
Philip kotler, Gary Amstrong ,John Saunders, & Veronica Wong. Principles of Marketing

#PoliteknikNegeriJakarta/TeknikGrafika&Penerbitan/TeknikPemasaran


Tidak ada komentar:

Posting Komentar